Peduli Nagari “Bersih dan Sehat”

Media Center

PKPU Cabang Bukittinggi

 

Program-Peduli Nagari Bersih Dan Sehat

(PKPU-Dinas Kesehatan Lima Puluh Kota)

Bukittinggi-Lembaga Kemanusiaan Nasional PKPU Cabang Bukittinggi, melakukan aksi Peduli Nagari Bersih dan Sehat di Jorong Sungai Mangkirai Nagari Pandam Gadang Kecamatan Gunung Omeh Kabupaten Lima Puluh Kota Jumat (27/4). Kegiatan yang diikuti sekitar 120 warga setempat serta mendapat dukungan dan apresiasi dari Kepala Dinas Kabupaten Lima Puluh Kota.

 

Selain dihadiri oleh Camat, Wali Nagari dan Wali Jorong, kegiatan ini juga dihadiri oleh salah satu mitra PKPU, STIKES Prima Nusantara Bukittinggi yang dipimpin langsung oleh Staff, Tuti Oktariani bersama dengan 3 orang dosen dan 15 orang mahasiwa. Tujuannya adalah agar para mitra yang telah berdonasi dan bekerjasama dengan PKPU dapat mengetahui secara langsung pendayagunaan Dana Zakat, Infaq & Shodaqoh yang telah dihimpun di institusinya.

Program Nagari Sehat dan Bersih mendapat sambutan yang luar biasa dari masyarakat. Hal ini terlihat dengan  antusiasnya masyarakat mengikuti kegiatan yang diadakan PKPU. Acara ini dikemas dalam beberapa kegiatan seperti  lomba memasak sehat dan bergizi, Program Kesehatan Masyarakat Keliling, Ibu Sadar Gizi (Budarzi) dan  Pemberian Jamban sebanyak 20 buah jamban.

Sehingga sampai hari ini jumlah jamban yang dibuat oleh PKPU sudah berjumlah 70 buah jamban. Sebelum program PKPU masuk kedaerah ini hanya 4  kepala keluarga saja yang memiliki jamban dari 200 kepala keluarga yang ada di jorong tersebut.

Acara pembukaan secara seremoni berlangsung pukul 10.00 Wib, bertempat di halaman SDN 04 Pandam Gadang. Kepala Dinas Kesehatan Lima Puluh Kota dr. Prima Noveki Syahrir MM dalam sambutannya mengungkapkan bahwa, kerjasama yang dibangun bersama PKPU telah mengantarkan Kabupaten Lima Puluh Kota sebagai daerah percontohan program jamban sehat tingkat Propinsi Sumatera Barat. Dan untuk Kabupaten Lima Puluh Kota Jorong Sungai Mangkirai sebagai lokasi percontohannya.’ “Pada awal Juni mendatang semua masyarakat di daerah ini sudah memiliki jamban keluarga dimasing-masing rumah, serta satu buah  bak sampah,” imbuhnya.

Disamping itu Kepala Dinas Kesehatan Lima Puluh Kota yang akrab disapa dr. Eky, juga menghimbau masyarakat terutama kaum ibu untuk membiasakan prilaku hidup sehat dan bersih serta gizi seimbang untuk anak, bayi dan balita. Dengan gizi seimbang berarti sudah 50% sudah terhindar dari penyakit menular serta kurangi makan nasi dan mmperbanyak makan sayur, tempe dan ikan.

Sementara itu kepala cabang PKPU Bukittinggi Fatih Abdul Aziez, S.Sos dalam sambutannya menyebutkan bahwa Program 1000 Jamban merupakan Program Nasional PKPU. Di seluruh cabang PKPU melakukan hal yang sama di daerah masing-masing. “Kami berterima kasih dan bersyukur, dengan inisiatif program 1000 Jamban yang sudah kami lakukan bisa diangkat menjadi isu bersama khususnya di Kabupaten lima Puluh Kota,” ungkap Kacab PKPU Bukittinggi yang biasa dipanggil Aziez.

Aziez menambahkan, “Kami optimis kebutuhan sekitar 8000 jamban untuk seluruh kebutuhan Kabupaten Lima Puluh Kota akan terpenuhi sampai akhir tahun ini. Kami akan coba menggandeng lebih banyak mitra terutama melalui CSR Perusahaan/ BUMN,” imbuhnya. by kasman/Zul

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s