170 Warga Kubang Putih Dapatkan Pelayanan Pengobatan Gratis

BUKITTINGGI – Dalam Undang-Undang Dasar 1945 pasal 28 H dan Undang-Undang Nomor 23/ 1992 tentang kesehatan, menetapkan bahwa setiap orang berhak mendapat pelayanan kesehatan. Maka seharusnya setiap orang, keluarga, dan masyarakat berhak memperoleh pelayanan kesehatannya.

Namun sangat berbeda dengan yang terjadi saat ini, masih banyak masyarakat yang tidak mendapatkan pelayanan dan kesehatan. Kesulitan ekonomi biaya berobat yang mahal juga menjadi permasalahan untuk mendapatkan pelayanan bagi masyarakat. Bagi masyarakat miskin untuk mendapatkan pelayanan kesehatan yang memuaskan menjadi terasa sangat sulit.

Berangkat dari kepedulian itu, PKPU selalu berupaya melalui program-programnya untuk membantu masyarakat yang membutuhkan untuk mendapatkan pelayanan yang mereka butuhkan, salah satunya melalui program pelayanan kesehatan gratis yang dilakukan oleh PKPU Bukittinggi.

Bertempat di kantor walinagari Jorong Kampung Nan Limo Nagari Kubang putih Kecamatan Banuhampu Kabupaten Agam sebanyak 170 warga mendapatkan pelayanan pengobatan gratis dari PKPU Bukittinggi berupa pemeriksaan tensi darah, penimbangan barat badan, pemeriksaan umum, cek gula darah, cek asam urat, dan pemberian obat.

Dari PKPU Bukittinggi melibatkan tiga orang dipimpin langsung Kepala Divisi HEN (Health Environment Networking) PKPU Bukittinggi dan dibantu oleh tim dokter dua orang, perawat dua orang, apoteker dua orang, dan relawan lapangan empat orang dari PMI dan Tagana.

Kepala Cabang PKPU Bukittinggi Zulfamiadi mengatakan dengan adanya program pelayanan kesehatan gratis ini semoga bisa kita manfaatkan sebaiknya untuk menjadi warga yang sehat. “Saya berharap semoga semua masyarakat menjadi sehat dan bisa membangun nagari ini bersama-sama,” harapnya.

Pihak Puskesmas Padang Luar diwakili oleh Novi, SKM yang dalam sambutannya mengucapkan terima kasih banyak kepada PKPU yang ikut membantu dalam mempercepat baik dari tindakan pencegahan dan pengobatan bagi masyarakat di Kubang Putih.

Walinagari Kubang Putih Elfriyetti yang dating pada acara tersebut juga mengucapkan terima kasih kepada PKPU yang telah mengadakan pengobatan gratis bagi warganya. “Saya berharap semoga kedepan bisa bekerjasama dengan PKPU dalam program-program lainnya yang membantu warga masyarakat,” ucapnya.

Pengobatan gratis ini disambut antusias oleh masyarakat Kubang Putih yang memeriksakan kesehatannya. Seperti pengakuan Makdang (45), yang merasa terbantu oleh kegiatan pengobatan gratis ini. “Semoga PKPU bisa melakukan pengobatan gratis ini lagi di tempat kami,” ujarnya.

PKPU terus mengajak kepedulian para dermawan, donatur, dan masyarakat dalam program peduli kesehatan untuk warga masyarakat luas yang kurang mampu. Untuk kerjasama, dapat menghubungi kantor PKPU Bukittinggi Jl Prof Dr Hamka No.24 Gurun Panjang, Bukittinggi, Telp (0752) 9916263, 082174400110. (PKPU/Dovvy Kurniawan/Bukittinggi)2013-04-22_Pelayanan-Pengobatan-Gratis-Kubang-Putih_01

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s