PKPU Berikan Pengobatan Gratis untuk Lansia di Banuhampu

BUKITTINGGI – Lanjut usia atau lansia merupakan masa rentan untuk kondisi kesehatan fisik dan mental bagi orangtua. Masa-masa ini akan menjadikan tingkat produktivitas dan kondisi kesehatan semakin menurun seiring dengan bertambahnya umur.

Untuk itu perlu dilakukan upaya memberikan pengharapan kepada para lansia agar tetap sehat dan produktif. Dalam UU no. 38 tahun 1998 juga diatur tentang kesejahteraan lansia, bertujuan untuk memperpanjang usia harapan hidup dan masa produktif, terwujudnya kemandirian dan kesejahteraannya, terpeliharanya sistem nilai budaya dan kekerabatan bangsa Indonesia.

Dalam memperingati hari Lansia yang jatuh pada tanggal 29 Mei, PKPU Bukittinggi bekerjasama dengan Puskesmas Padang Luar, IBI (ikatan bidan Indonesia), dan PORPI (Persatuan Olah Raga Pernapasan Indonesia) Kabupaten Agam mengadakan kegiatan pengobatan gratis bagi para lansia.

Kegiatan pengobatan gratis ini dilaksanakan di lapangan bola kanagarian Pakan Sinayan Kecamatan Banuhampu Kabupaten Agam. Kegiatan yang mengambil tema “Dengan semangat hari lansia nasional kita wujudkan lansia sehat, aktif, produktif dan mandiri” ini diikuti oleh 600 orang peserta yang berasal dari Kecamatan Banuhampu.

Rangkaian kegiatan peringatan hari lansia kali ini berupa senam untuk para lansia, pemeriksaan kesehatan gratis PKPU, pemeriksaan fisioterapis oleh STIKES Fort De Kock Bukittinggi, pemberiaan susu untuk lansia dari Kalbe yang juga dimeriahkan dengan pembagian hadiah dan pemeriksaan lemak  dari ASKES untuk para peserta.

Acara peringatan hari lansia ini juga dihadiri oleh Camat Banuhampu Dandi Pribadi, Ketua Penggerak PKK Yus Dandi Pribadi, Ketua Bundo Kandung Banuhampu Rosmiati, Ketua Puskesmas Padang Luar drg. Marliny, ketua IBI Kabupaten Agam Hj. Nelma Bahar, SKM dan Ketua PORPI Agam dr Meity Juana.

Acara yang dimulai pada pukul 07.00 WIB ini diawali dengan senam massal untuk para lansia yang dipandu oleh PORPI, yang dilanjutkan dengan pembukaan peringatan hari lansia nasional dan dibuka langsung oleh Camat Banuhampu.

Setelah itu peserta yang umumnya merupakan lansia ini langsung menyerbu stand pelayanan kesehatan gratis PKPU yang penuh antusias dan menyambut hangat untuk memeriksakan kesehatan mereka yang sebelumnya mengikuti senam massal untuk para lansia.

Pelayanan kesehatan gratis yang diberikan oleh PKPU kepada lansia adalah berupa pemeriksaan tekanan darah, penimbangan berat badan, pemeriksaan kesehatan umum dan pemberian obat. Sebanyak 110 orang lansia mendapatkan pelayanan kesehatan gratis dari PKPU Bukittinggi.

Dalam aksi pengobatan gratis ini PKPU melibatkan tim dokter, bidan, perawat, apoteker dan  relawan yang dipimpin langsung oleh kepala divisi HEN (Health Environment Networking) PKPU Bukittinggi Kasman yang juga di bantu oleh pihak Puskesmas Padang Luar, IBI agam, dan TAGANA.

Pada kesempatan tersebut pihak puskesmas Padang Luar, Novia Fitri mengatakan dengan adanya kegiatan ini semoga memberi motivasi kepada para lansia dan pihak-pihak yang mendukung dalam program kegiatan lansia. “Semoga program untuk lansia lebih berkembang agar harapan kita menjadikan lansia sehat, aktif, proaktif dan mandiri dapat terwujud,” katanya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pendayagunaan PKPU Bukittinggi Febriadinata mengatakan pengobatan gratis kali ini adalah dalam rangka memperingati hari lansia nasional. “Ini merupakan suatu bentuk kepedulian PKPU sebagai lembaga kemanusian nasional yang peduli terhadap kesejahteraan masyarakat khususnya para lansia,” katanya.

Harapannya semoga PKPU terus dapat menjalankan aksi kepedulian kesehatan untuk masyarakat luas dan masyarakat yang membutuhkan pelayanan kesehatan dapat terbantukan oleh kepeduliaan dari para donatur yang mendonasikan bantuannya kepada PKPU. (PKPU/Dovvy Kurniawan/Bukittinggi)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s