Seri Laporan Ekspedisi Qurban 1434 H

MISI MEMBAWA PESAN UKHUWAH ISLAMIYAH UNTUK SAUDARA KITA DI PELOSOK NAGARI

IMG_0059Hari Raya Qurban tentunya senantiasa menjadi moment yang berkesan bagi kita, pun kami para pegaw ai, Mitra dan relawan PKPU yang merasakan hal yang sama yang telah bergulat hampir sebulanlebih dalam serangkaian prosesi pelaksanaan program ibadah qurban. Alhamdulillah, untuk Program Qurban tahun 1434 H di tahun ini, kami bersyukur atas izin Allah secara keseluruhan telah berjalan dengan sukses tanpa pa menemui banyak kendala dan hambatan yang berarti  dan tentunya tak lupa  berterimakasih ke berbagai pihak yang telah membantu dan berpartisipasi dalam program sebar qurban ke nagari ini. Dari mulai masapersiapan sebulan sebelum qurban kami mengusung suatu slogan “Kutunggu Qurbanmu”, slogan ini sengaja dipilih dengan harapan  bisa mengusik kesadaran kita semua, suatu kalimat yang mewakili pesan dari masyarakat di suatu tempat tertentu, kawasan tertentu, dari lapisan masyarakat tertentu, di daerah minus, di kawasan konflik baik dalam negeri maupun di Luar negeri. Intinya pesan slogan ini mencoba menggugah rasa kepedulian kita kepada saudara kita yang jauh lebih membutuhkan perhatian terkhusus untuk PKPU Bukittinggi mencoba untuk memprioritaskan wilayah sasaran distribusi pelosok nagari di SUMBARBAGUT (Sumatara barat Bagian Utara).

Alhamdulillah kiranya kami ucapkan berkali-kali karena untuk tahun ini jumlah mudhohi yang ikut program qurban PKPU meningkat dari tahun sebelumnya sehingga jumlah hewan qurban yang terdistribusi ke daerah-daerah bertambah sebanyak 75  titik lokasi kampung atau jorong yang menerima hewan qurban PKPU, dari jumlah sapi sebanyak 78 ekor dan kambing sebanyak 6 ekor yang  bisa kami himpun dari para Mudhohi, belum lagi sebagian Mudhohi ada yang merekomendasikan hewannya untuk qurban ke luar negri seperti daerah sasaran Suriah dan Kenya yang tentunya untuk eksekusinya kami serahkan pada team PKPU pusat ya ng diturunkan ke luar negri.

HEWAN QURBAN YANG MEMBAWA PESAN

Proses pendistribusian hewan qurban yang dihantarkan sebelum hari H dan hari tasyrik ke daerah-daerah sasaran menjadi salah satu proses yang memerlukan energi dan kecermatan serta kehati-hatian yang tinggi, namun proses pendistribusian ini pula yang memberikan keasyikan dan pengalaman tersendiri. IMG_0029Kami harus melakukan koordinasi yang efektif dengan bagian penghantaran hewan, dan relawan atau panitia qurban di daerah sasaran yang akan menerima pendistribusian hewan. Kadang karena Jauhnya Lokasi dan sulitnya medan sehingga setiap pendistribusian harus memakan waktu sampai larut malam bahkan sampai keesokan harinya, seperti ada beberapa daerah distribusi yang jauh seperti Pasaman timur yang berbatasan dengan daerah Sumatra Utara, ke Kapur 9 yang berbatasan dengan Riau, itupun kami harus menurunkan 4 sampai 6 sapi di lokasi atau jorong yang berbeda dan berjauhan jarak hingga puluhan kilo meter. Belum lagi beberapa lokasi daerah seperti di wilayah kampung cubadak gunung omeh dan mudik coran Halaban yang memang tidak sanggup dilewati armada kami, jalanan tanah liat yang licin sehingga memaksa sapi harus diturunkan jauh dari lokasi tujuan, namun ternyata petingnya pengertian, koordinasi, dan kerjasama membuat sem uanya tak menjadi soal atau masalah yang berarti, karena utusan panitia lokal sudah menyambut kami untuk meneruskan menuntun sapi ke jorongnya/kampungnya dengan sikap antusias dan tanpa beban. Sampainya hewan qurban di lokasi-lokasi daerah sasaran memberikan gambaran yang berkesan yang bisa kami lihat dari antusias dan gembiranya warga masyarakat yang menerima distribusi hewan qurban PKPU. Sehingga kami merasa seolah hewan qurban ini telah membawa pesan hidup  kepedulian masyarakat kota terhadap warga di perkampungan yang membuat mereka menjawab dengan senyuman dan kegembiraan untu kita Subhanallah.

Qurban Membawa Syiar

Pada saat prosesi puncaknya yaitu hari pelaksanaan eksekusi qurban kami telah mengatur jadwal yang telah terbagi dalam format hari H ditambah 3 hari Tasyrik. SDM untuk diturun ke daerah-daerah sudah ditunjuk untuk bisa membackup pelaporan pelaksanaan di setiap lokasi IMG_0013 nya seperti dokumentasi dan berita acara eksekusi pemotongan hewan qurban. Pada saat eksekusi seperti inilah beberapa diantara kami yang kebagian jadwal di hari H harus mau berkorban untuk merelakan keinginannya bisa  berlebaran bersama keluarga, di karenakan tugas dan tanggungjawab yang kami emban, dengan senang hati kamipun harus mengejar sholat Id di lokasi eksekusi bahkan untuk yang bertugas di lokasi yang sangat jauh, diantara kami harus berangkat di tengah malam takbiran sehingga saat Shubuh kamipun sudah datang dan hadir di lokasi sehingga kami punya banyak waktu untuk memaksimalkan pengkondisian dan persiapan segala kebutuhan pengambilan laporan yang menjadi tugas yang di amanahkan. Setiba di lokasinya sudah dipastikan kami akan di terima warga layaknya tamu istimewa kadang di beberapa tempat moment ini dibuat dengan cukup meriah, seperti diramaikan dengan iringan shalawat dan rebana, selanjutnya dibuat acara protokoler secara sederhana sehingga dari kami akan diminta untuk memberikan kata sambutan yang tentunya selalu kami manfaatkan untu k meyampaikan pesan silaturahim atas nama para donatur, dan sekaligus memotivasi warga untuk bisa dan mau melaksanakan qurban secara bertahap di tahun-tahun yang akan datang. Akhirnya kamipun akan hanyut dalam keharuan  melihat warga yang gembira bergotong royong melakukan prosesi pemotongan hewan qurban, mencacah daging, sampai membagikannya, dan kami biasanya akan mengambil kesempatan ditengah mereka untuk meminta beberapa diantara warga untuk diwawancarai dan pada umumnya komentar mereka berisi harapan lugunya “semoga tahun depan PKPU qurban kembali disini, dan jumlahnya semakin banyak” tuturnya.

IMG_0093 PENUTUP

Demikianlah sekilas gambaran mengenai ekspedisi Qurban PKPU tahun ini, tentunya masih banyak lagi hal-hal lain mengenai suka – duka yang tak bisa kami tuangkan seluruhnya dalam tulisan ini, yang pasti perjalanan Qurban ini banyak pesan, kesan, dan pengalaman yang banyak kami dapatkan, dan harapan kami, seperti halnya  pesan dari masyarakat semoga setiap tahunnya PKPU senantiasa bisa mempasilitasi Qurban ke Nagari, untuk membawa misi ukhuwah, dan syiar Islam sekaligus  menstimulus semangat ibadah berqurban di tengah mereka. Sekali lagi dengan diiringi rasa  trimakasih yang mendalam dari kami, semoga Qurban para donatur PKPU bisa membawa pesan itu semua dan menjadi peluang amal yang tak putus-putus. Jazakumullahu khairon katsiron.

YJ. Sampurna

Kepala Bagian Kemitraan PKPU Bukittinggi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s