HIKMAH DAN MANFAAT AQIQAH

Aqiqah menurut bahasa artinya memotong. Dinamakan Aqiqah (yang dipotong), karena dipotongnya leher binatang dengan penyembelihan itu. Sedangkan menurut istilah agama ialah sembelihan yang disembelih sehubungan dengan kelahiran seorang anak, dalam ketentuannya antara anak laki-laki dan perempuan di bedakan jumlah sembelihannya, 2 ekor  untuk anak laki-laki dan 1 ekor untuk anak perempuan. Dan disyariatkan untuk dilakukan pada hari ketujuh sejak kelahirannya dengan tujuan semata mata mencari ridha Allah swt, seperti yang termaktub dalam hadits “Setiap anak yang lahir tergadai aqiqahnya yang disembelih pada hari ketujuh, dan pada hari itu ia diberi nama dan digunduli rambutnya.” (Hadits Sahih Riwayat Ahmad, Abu Daud, Tirmidzi, Nasa’I, Ibnu Majah, Baihaqi dan Hakim).

Anjuran beraqiqah sendiri  merupakan sunah muakad, melaksanakannya  bukti wujud syukur atas bertambahnya  generasi mukmin, dan menjadi symbol penebusan anak dari berbagai musibah hal ini bisa menghayati dari kisah Nabi Ismail  yang dikorbankan oleh Nabi Ibrahim, Allah gantikan dengan sembelihan hewan qurban yang bagus.

Penyelenggaraan  aqiqah sendiri, punya hikamah mempererat persaudaraan antar masyarakat, misalnya  dalam bertetangga dan berukhuwah karena daging aqiqah akan  menjadi media untuk saling mengkabarkan akan adanya manusia baru ketengah masyarakat.

Selanjutnya sebuah solusi beraqiqah agar lebih praktis dan bernilai lebih, alangkah baiknya juga dengan melibatkan sebuah lembaga sosial yang tentunya akan menjadi mitra yang baik dalam mensyiarkan ibadah Aqiqah kita.

Berikut beberapa Manfaat Dan Hikmah Aqiqah di PKPU :

1. Aqiqah menjadi lebih mudah dan praktis dilaksanakan, sehingga niat beraqiqah sebagai bentuk syukur akan segera menjadi mudah diwujudkan tanpa berlama-lama menunda-nunda pelaksanaannya  karena direpotkan kesibukan kerja lainnyaDSC00825.

2. Beraqiqah bersama PKPU menambah manfaat lebih, karena daging aqiqah bisa dinikmati oleh mereka kaum dhuafa yang berada dalam data sasaran dan binaan PKPU.

DSC00835IMG_3800

3. Bisa ikut berkontribusi dalam syiar Islam dalam memotivasi masyarakat, karena PKPU punya media social dan media publikasi lainnya.

DSC00867

4. Memberikan bukti histori tersendiri bagi putra-putri kita, karena PKPU akan memberikan model laporan dan sertifikat Aqiqah.

Team  MARKOM PKPU Bukittinggi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s