Cegah Kasus Bullying Melalui Pendidikan Karakter Anak

BUKITTINGGI – Maraknya kasus kekerasan atau bullying pada anak yang terjadi dewasa ini disekolah-sekolah membuat resah berbagai kalangan khususnya orang tua dan tenaga pendidik. Melihat kondisi ini Lembaga Kemanusiaan Nasional PKPU Cabang Bukittinggi bersama mitra tabung peduli di Kota Bukittinggi mencoba untuk memberikan solusinya melalui seminar pendidikan, pada Sabtu (25/4/2015).

Seminar yang mengangkat tema “komunikasi cinta, membentuk anak berbudi dan berkarakter” ini diikuti oleh 150 orang yang merupakan guru PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini), guru TK (Taman Kanak) yang berada di Kota Bukittinggi dan juga diikuti oleh para orangtua yang memiliki kendala terhadap buah hatinya.

Seminar ini menghadirkan pakar Psikologi, Yosi Molina, dan juga pakar Pendidikan, Albert Nasir sebagai pembicara. Dalam pemaparannya, para pemateri menekankan pentingnya peran orang tua dan tenaga pendidik dalam membentuk karakter anak diusia emasnya. Mulai dari penjagaan si anak terhadap penggunaan Gadget, penetapan lamanya waktu menonton Televisi, hingga membangun karakter dari orang tua yang bersangkutan.

PKPU juga menghadirkan seorang wali murid yang sedang menjalani masa terapi psikologi dengan psikolog, dalam kesempatan ini dia juga bebagi kisah soal buah hatinya yang bermasalah, yang perlahan mulai terlihat progresnya melalui saran dan nasihat yang disampaikan oleh psikolog kepada wali murid tersebut.

Dari acara ini, PKPU mengharapkan mampu memenuhi kebutuhan tenaga pendidik, sekaligus menjadi solusi khususnya terhadap guru dan wali murid dalam membentuk karakter si anak dan seluruh peserta yang mengikuti seminar tersebut mampu memahami cara berkomunikasi yang baik terhadap anak dalam rentang usia emas (golden age). (PKPU/Amel/Bukittinggi) IMG_0023aIMG_0024a IMG_0034a

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s